Selasa, 02 Oktober 2012

Kemiripin One Piece dengan Dunia Nyata

Inspirasi Sketsa Gambar

 -Aokiji = Yusaku Matsuda
-Kizaru = Kunie Tanaka
-Akainu = Bunta Sugawara
-Bajak laut Basil Hawkins yang digambar sangat menyerupai Joey Jordison, drummer rock/heavy metal band America, Slipknot.
-Jango digambar menyerupai dengan King of Pop, Michael Jackson.
-Enel digambar menyerupai  eminem-Bajak laut dunia nyata Bartholomew Roberts alias Black Bart, yang menjadi inspirasi karakter Bartholomew Kuma, sangat mungkin adalah figur yang sama yang menjadi inspirasi Mihawk.
Bartholomew Roberts terkenal dengan jubah merah tua yang ia pakai, bertopi lebar dengan bulu merah di atasnya, dan kalung emas dengan tanda salip. Penampilan ini mirip dengan Mihawk.-sketsa gambar Gan Fall terinspirasi dari novel Spanyol, Don Quijote karya Miguel de Cervantes.-Rambut Franky menyerupai Jim Carey dalam filmnya Ace Ventura.
-Kemiripan Nico Robin dengan karakter Mia wallace dalam film Pulp Fiction (1994) yang diperankan oleh Uma Thurman.
-Model Portgas D. Ace tampaknya terinspirasi oleh Stevie Ray Vaughan, gitaris blues dari Amerika Serikat.
-Bahwa Doflamingo terinspirasi oleh Elton John sudah banyak diperbincangkan diantara fans One Piece.
-Model Spandam tampaknya terinspirasi oleh pegulat profesional, Mick Foley alias Mankind. Selain kemiripan pada topeng, pedang Spandam bernama Funkfried, sedangkan Mankind punya teman pegulat bernama Terry Funk.
-Rob Lucci = Slash
-Desain dan latar belakang Ivankov sangat mirip dengan karakter dari film komedi musikal The Rocky Horror Picture Show (1975), Dr. Frank N Furter. Seorang ilmuwan biseksual, transgender yg Diperankan oleh Tim Curry.
-Oda pernah mengatakan bahwa karakter Whitebeard terinspirasi oleh seorang pemilik pub yang sering ia kunjungi. Pemilik pub ini sering duduk dalam pub dengan alat2 medis ditubuhnya, dan meminum sake yang ia sebut sebagai obat. Hal yang sama persis yang dialami dan pernah dikatakan oleh Whitebeard.
Tapi gak bisa dikesampingkan juga kemiripan Whitebeard dengan Hulk Hogan, seorang pegulat profesional.



Inspirasi Nama Karakter

-Gol D. Roger
Diambil dari nama Woodes Rogers (1679 – 15 July 1732), kapten Inggris dan gubernur pertama kepulauan Bahama.
-Edward Newgate (Whitebeard) dan Thatch
Diambil dari nama Edward Teach, seorang bajak laut Inggris terkenal yang melayari laut Karibia dan barat Atlantik selama abad ke-18. Edward Teach juga dikenal sebagai Edward Thatch
-Portgas D. Ace
Namanya diambil dari nama Bartolomeu Português, bajak laut Portugis yang sering menyerang kapal dagang Spanyol tahun 1660an.
-Magellan
Nama penjelajah Portugis yang berlayar atas nama Spanyol, Ferdinand Magellan.
-Bartholomew Kuma
Sangat mungkin berasal dari nama Bartholomew Roberts, bajak laut Wales yang hidup antara 1682-1722.
-Jean Bart
Berasal dari nama komandan angkatan laut Prancis dengan nama yang sama.
-Bellamy the Hyena
Namanya dari bajak laut Inggris yang aktif pada awal abad ke 18, Samuel "Black Sam" Bellamy.
-Alvida
Dari nama bajak laut abad ke-5, Awilda, yang akhirnya menjadi Ratu Denmark.
-Captain Morgan
Dari nama Sir Henry Morgan, seorang privateer Wales yang aktif antara tahun 1663-1674, ketika pensiun menjadi Letnan Gubernur Jamaika.
-Red Legs Zeff dan Red Legs Greaves
 Panggilan Zeff, Red Legs, berdasarkan bajak laut Skotlandia yang aktif tahun 1670an di Karibia dan Hindia Barat, Red Legs Greaves, dengan panggilan yang sama.


Eleven Supernova (kecuali luffi & killer) 
Roronoa Zoro
Nama Roronoa di ambil dari François l'Olonnais, bajak laut Prancis yang aktif di Laut Karibia tahun 1660an.
Trafalgar Law
Namanya diambil dari bajak laut Edward Low, bajak laut Inggris abad ke-18.
Eutass Kid
Kid dinamakan berdasarkan nama William Kidd, bajak laut Skotlandia. Sedangkan nama Eutass diambil dari nama bajak laut Eustace the Monk.
Capone Bege
Nama ini terinspirasi oleh gangster terkenal tahun 1920an, Alphonse "Al" Capone.
Jewelry Bonney
Namanya berdasarkan bajak laut Karibia abad ke 18, Anne Bonny.
Basil Hawkins
Namanya berdasarkan 2 figur yaitu laksamana Inggris, John Hawkins dan Basil Ringrose.
X. Drake
Dari laksamana Sir Francis Drake, orang Inggris pertama yang mengelilingi bumi.
Urouge
Namanya berasal dari bajak laut Turki abad ke 16, Oruc.
Scratchmen Apoo
Berasal dari nama bajak laut China abad 19, Chui-Apoo. 



BlackBeard Pirate (kecuali stronger & Doc Q) 
Marshall D. Teach (Blackbeard)
Marshall D. Teach berdasarkan bajak laut terkenal, Edward Teach.
Edward Teach mempunyai alias yang sama dengan Marshall D. Teach, Blackbeard.
Lafitte
Dari nama Jean Lafitte, bajak laut abad 19 kelahiran Prancis.
Jesus Burgess
Berasal dari nama Samuel Burgess, anggota kru bajak laut William Kidd.
Van Auger
Diambil dari nama bajak laut John Auger Dixon
Avalo Pizarro
Dari nama Francisco Pizarro, conquistador (penakluk dalam rangka mencari rempah2) Spanyol.
Catarina Devon
Kemungkinan dari nama Catalina de Erauso, bajak laut wanita Inggris.
Shiryuu
Mungkin dari nama pelaut Cina, Zheng Zhilong, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang menjadi Tei Shiryuu.
Sanjuan Wolf
Nama-Nya Sanjuan dapat menjadi referensi ke San Juan Bautista, nama asli Puerto Rico. Selain itu, dapat menjadi referensi ke kota San Juan tua di Puerto Rico, karena itu adalah benteng pesisir penuh dengan benteng yang untuk mempertahankan pulau dari bajak laut dan pelaut nakal, yang mungkin menjelaskan mengapa ukuran tubuhnya sama dengan salah satu bangunan utama Marineford's. San Juan de Ulua juga sebuah pulau di Meksiko yang digunakan sebagai benteng dan sebagai penjara (Serupa dengan Impel Down dan Marineford). The "Wolf" bagian dari namanya juga bisa menjadi referensi untuk julukan kehidupan nyata tentang bajak laut yang "Sea Wolves". Dan ada juga kapal perang besar yang disebut sebagai "San Juan Nepomuceno" yang berpartisipasi dalam Pertempuran Trafalgar, yang juga bisa menjadi sindiran untuk julukannya. 
Vasco Shot
Nama Vasco Shot adalah mungkin referensi untuk Vasco da Gama, penjelajah Portugis, atau Michael de Basco, seorang kenalan bajak laut dan Francois l'Ollonais. Ini tetap belum dikonfirmasi oleh Oda. Nama pertama Basco tampaknya menjadi acuan Tabasco yang populer dalam minuman Bloody Mary, karena disebutkan bahwa Vasco Shot adalah peminum berat.


SKYPIEA & INDONESIA (By:tonyohoho) 
Mantra
adalah bahasa Indonesia. Kamus besar bahasa Indonesia (2001) mengartikannya sebagai susunan kata yang berunsur puisi (seperti rima dan irama) yang dianggap mengandung kekuatan gaib, biasanya diucapkan oleh dukun atau pawang untuk menandingi kekuatan gaib yang lain . Untuk english sendiri 'mantra' diartikan 'Magic Formula', 'spell' atau 'Incantation'. Mantra hanya dipakai di Bahasa Indonesia. Jadi sudah selayaknya qta mengatakan Oda Sensei menggunakan Istilah Bahasa Indonesia bukan?

Jaya - Irian Jaya
Jaya, Pulau dengan bentuk tengkorak bukankah namanya terlalu serupa dengan Irian Jaya? Irian Jaya adalah propinsi di pulau Papua, Indonesia dengan bentuk seperti Burung. Mungkinkah dari hal itu Oda jadi terinsipirasi Ide cerita pulau berbentuk tengkorak yang terbelah dua? Jangan pernah melupakan kalau Pulau irian sekarang terbagi dua, Indonesia dan Papua Nugini. Bentuk Pulau Papua sendiri mirip dengan gambar seekor burung, dengan bagian timur merupakan bagian badan, dan bagian barat merupakan bagian kepalanya, oleh karena itu bagian ini sering disebut juga sebagai daerah kepala burung (vogelkoop/ birdhead). Mungkin tidak ada hubungannya, tapi siapa yang bisa menjamin?

Bongkahan gunung Emas di Pulau Jaya, dan gunung Ersberg (tambang emas terbesar di dunia) di Irian Jaya
Norland menceritakan ke Raja Lyneel tentang sebuah 'gunung' Emas terdapat di Pulau Jaya. Setelah mereka kembali ke sana ternyata emas itu telah menghilang. Entah kebetulan atau tidak, dalam sejarahnya Indonesia tepatnya Irian Jaya memiliki Gunung emas sebagai Tambang Emas Terbesar di dunia, Gunung Ersberg. Gunung ini berlimpah emas, bahkan dahulu emas bisa ditemukan di permukaan tanahnya tanpa perlu menggali. Dalam sejarahnya (sampai sekarang) tambang ini dikuasai oleh Freeport dari Amerika Serikat. Bahkan ada istilah "Amerika Serikat' dibangun oleh emas Papua (silahkan Searching Google). Dalam cerita, Emas suku Shandia juga dieksploitasi oleh Enel untuk membangun Maxime.

Batik dan celana ENel
Well, semua pasti sadar celana Enel memiliki motif Batik.

Telinga Enel danTelinga Suku Dayak
Memang telinga Enel panjang, mirip telinga Budha. Tapi saat melihatnya aku langsung menghubungkannya dengan telinga suku dayak lo. Kenapa? Karena Aq tinggal di Kalimantan, walaupun bukan Suku Dayak. XD. Dan saat Q searching di Google ternyata Q dapati gambar orangtua suku Dayak yang begitu menyerupai Style enel. Kopiah putih menjadi topi renang putih, Telinga panjang yang serupa dan memakai Anting. XD hahaha, Q rasa bukan kebetulan, iyakan Oda Sensei?

Nora-Anacondas
Anaconda sebenarnya sangat identik dengan Hutan Amazon, bahkan terkenal dengan filmnya 'Anaconda'. Tapi saat melihat NORA(anaconda) membesar karena 'hidup beratus tahun dan berada di daerah dengan gravity lebih rendah', ko rasanya mirip dengan cerita sequel ANacondas 'Hunt of the Blood Orchid'? Di situ Anacondanya membesar karena bisa hidup ratusan tahun setelah memakan Nlood Orchid. XD Mirip Lo. Dan jangan lupa setting tempat film itu adalah Pulau Kalimantan, Indonesia! Dan Sebenarnya Legenda tentang Ular Raksasa ini dari dulu sudah ada di Suku Dayak Kalimantan Timur. Mereka mempercayainya sebagai Naga karena mereka 'katanya' melihatnya memiliki Tanduk.

Southbird dan Burung Tingang
Burung Tingang atau keluarga burung rangkong (Bucerotidae/Hornbill) dikenal oleh masyarakat asli di Kalimantan terutama suku dayak sebagai burung yang memiliki keelokan dan keindahan. Burung ini hadir menjadi inspirasi dari beberapa gerakan atau nama tarian dari masyarakat dayak di Kalimanatan pada umumnya. Nah, Lihat kemiripannya dengan Southbird? Memiliki dua Benjolan aneh menyerupai jambul di kepala, dan paruh besar. Mirip bukan?

Nama Laki dan Aisha
Laki? Sekali lagi bahasa Indonesia untuk Pria. XD Mungkinkah karena 'Laki' di Skypiea merupakan petarung dan seperti Pria Oda menamakannya sebagai 'Laki'. Dan satu lagi, Aisha adalah Nama yang populer di Indonesia sebagai negara Mayoritas Islam, diambil dari nama Siti Aisha (Aisah) Istri Nabi Muhammad SAW.

Tropical Hotel di Jaya
Tropical Hotel di One Piece merupakan hotel yang berada di Pulau Jaya. Qrasa nama "tropical" sangat identik dengan indonesia. Dan saat Q searching di Google ternyata ada Tropical Hotel di Bali. :D Konsepnya agak mirip walau tidak bisa dikatakan serupa. 
Sumber:http://tonyohoho.blogspot.com/2010/06/match-up-saga-skypiea-dan-negara-qta.html



Tempat-tempat di dunia nyata
Mariejois dan Chambord Castle:
Istana di tanah suci Mariejois memiliki kemiripan dan sangat mungkin terinspirasi oleh kastil Chambord yang terletak di Prancis.
Drum Castle dan Neuschwanstein Castle:
Kastil Neuschwanstein adalah kastil Bavaria pada abad ke-19. Kastil ini terletak di puncak pegunungan di Jerman, di dekat Hohenschwangau dan Füssen di Bayern barat daya dan merupakan bangunan yang paling banyak difoto di Jerman. Tempat ini merupakan salah satu destinasi pariwisata di Jerman.
Kastil di Drum Island, pulau asal Chopper, mungkin terinspirasi oleh Neuschwanstein Castle.
Water 7 dan Venezia
Vanezia adalah ibu kota regione Veneto dan Provinsi Venesia di Italia. Kota kanal ini terkenal dengan sarana transportasi air, di antaranya gondola.coba buka kembali manga agan dan bandingkan Venezia dengan Water 7!!
Mirip?



Inspirasi Cerita One Piece
Kalimat terakhir yang diucapkan Gol D. Roger sebelum dieksekusi :
"Ingin harta karunku? Aku akan memberikannya kepada siapa saja yang berhasil menemukannya. Carilah!! Aku telah mengumpulkan semua yang ada di dunia ini dan menyembunyikannya di tempat itu."
Kalimat terakhirnya itu mendorong orang di seluruh dunia mengarungi lautan dan memulai "Era Bajak Laut":
Olivier Levasseur (Calais, 1680 atau 1690 - 7 July 1730), adalah seorang bajak laut. Legenda mengatakan sewaktu ia di tempatkan di panggung hukuman mati, dia memakai kalung di lehernya, berisi 12 baris cryptogram, dan kemudian melemparkannya ke orang banyak sambil mengatakan: "Find my treasure, he who may understand it!"
Sampai saat ini, para pemburu harta karun berlomba-lomba menemukan harta karun miliknya yang dihitung dengan kurs saat ini dikatakan mencapai jutaan euro.
Legenda ini sangat mirip dengan legenda Gol D. Roger yang sesaat sebelum kematiannya menyerukan kepada dunia untuk mencari harta karunnya : One Piece.
Sedangkan Cryptogram Olivier Levasseur mengingatkan kepada Poneglyph peninggalan Gol D. Roger yang katanya tersimpan di Raftel.

Tidak ada komentar: